Rabu, 04 Januari 2012

Ekspresi Ku Untuk Surabaya Dalam Tulisan

Surabaya, 3 Januari 2012

Dear Diary..

Wahai orang yang lembut hatinya,aku tiada siapapun kecuali Allah dihatiku. Aku ingin menjadi yang Hallal bagimu,yang akan kau kecup keningnya.... (oke,Stop.. itu prolog Ayat Ayat Cinta)

Jadi begini begini, intinya karena gue orang Surabaya gue mau ikutan lomba Nge blog nya komunitas dBlogger Suroboyo.


Dan kalian kalian yang udah liat liat artikel yang gue posting sebelum sebelumnya pasti sadar kalo gue selalu pake kata kata "Gue" yang lebih ke Jakarta Jakarta an. Khusus Postingan ini "Gue" akan diganti "Aku".

Oke, sebenernya Surabaya itu kota paling Indah yang pernah aku singgahin. Gimana enggak,banyak taman kota, jalanan tidak terlalu macet seperti Ibukota, banyak yang mulai mau ber sepedah sekarang kemana kemana.

Huaahhh,, aku harap polusi di kota ini berkurang.

Ada satu hal lagi yang aku salut sama Surabaya . Mereka punya dialek sendiri. Punya Grammar Sendiri.
Mmm.. Kalian tau kata kata *maaf* "JANCUK" kan?
Sebagai orang Surabaya mestinya kalian sudah tidak asing lagi. Bahkan orang di kota lain saja sudah banyak yang mengerti  kata kata itu. Yahh,walaupun memang artinya kasar jika diucapkan,tapi secara tidak langsung  itu sudah mengakar pada budaya para remaja remaja Surabaya.


~AwAwAwAwAwAw!!!~



Tapi..

Batinku Terusik..
Sanubariku pun bergejolak.. ( kalo Ini Ada apa dengan cinta.) 

*fokus* *fokus*

Kembali ke topik masalah,, Dewasa ini banyak sekali arek arek Suroboyo yang demi ke Gaul an nya mereka menggunakan bahasa "Loe-Gue".
Entah Bagaimana asal mulanya hingga begitu,dan yang pasti apabila nenek moyang kita yang berasal dar Surabaya tau kalo anak cucu nya beralih menggunakan kata kata "Loe-Gue" pasti mereka akan menangis. Mmmmm...


~Hiks Hiks Hiks~


Menyesal sekali ikan Suro dan Si Buaya "Boyo" dulu bertarung hanya untuk memberi nama kota kita tercinta ini dengan sebutan SURABAYA kalo mengerti anak2 Remaja SURABAYA sekarang sudah termakan Trend dari kota lain. Ckckckck...

Yang saya harapkan sekarang ialah arek arek Suroboyo menggunakan bahasa khas mereka sendiri. Biar kota lain menggunakan kata kata "Loe-Gue". Kita tetep "Awakku-Awakmu" !!

Saya sedikit menyesal disini dimana ketika kita berbicara dalam bahasa inggris dan kita salah dalam pengucapan,kita malah ditertawakan. Sedangkan jika kita berbicara dalam bahasa Indonesia maupun Daerah,dan salah dalam pengucapan malah tak ada yg menertawakan. 


Ada apa bangsa Indonesia ? Masyarakat Surabaya? Halooo..??


Kalian mendengar saya?? Sudah bisa meresapi ketikan saya diatas??


"Anda ingin kaya dan mengejar mimpi mimpi kalian?

Ingin punya duit banyak tapi hanya ingin bersantai dirumah?

Kerja didepan komputer tapi duit mengalir terus?"

GAMPANG !!! Segera daftar di   (Oke STOP lagi, ini bukan MLM ataupun blog blog yg menawarkan begituan.)

*Oke Oke abaikan yang barusan,yg tadi sedikit menyimpang*

*fokus* *fokus*

Intinya saya harap kalian mencintai bahasa Daerah yg kalian punya,yang ditanamkan sejak kalian lahir.
Never use a foreign language you are proud, proud of is you with your own language.  *maaf maaf*

Jangan pernah bangga kalian menggunakan bahasa asing, Bangga lah kalian dengan bahasa kalian sendiri.


Terima kasih. 

Salam cium







Rio Arterio 

6 komentar: